10 Makanan yang Harus Dihindari Ibu Hamil

comerfit.com- Bagi wanita yang telah menikah, moment mengandung dan melahirkan adalah peristiwa yang paling dinanti dalam hidup. Banyak hal yang dilakukan ibu hamil untuk mendukung pertumbuhan sang buah hati dalam kandungan. Selain lebih berhati-hati dalam melakukan setiap aktivitas, memberinya pasokan makanan bernutrisi dan penuh gizi juga menjadi alternatif untuk memaksimalkan tumbuh kembang anak. Supaya makanan yang Anda konsumsi dapat bermanfaat bagi anak dan bayi dalam kandungan tentunya Anda harus lebih selektif memilih dan memilah makanan yang hendak dikonsumsi.

Tak terpungkiri memilih makanan bagi ibu hamil adalah kegiatan yang gampang-gampang susah. Pasalnya tak sembarang makanan mampu mendukung perkembangan bayi supaya tetep sehat. Maka dari itu kenali 10 makanan yang harus dihindari ibu hamil dibawah ini untuk meminimalisir adanya gangguan yang nantinya bisa membahayakan ibu dan bayi yang dikandung. Apabila Anda ingin mengetahui informasi lebih jelas lagi, simaklah penjelasan berikut ini.

Pantangan Makanan yang Harus Dihindari Ibu Hamil

1. Buah Nanas

Sudah menjadi rahasia umum bahwasannya ibu hamil dilarang untuk mengkonsumsi buah nanas. Hal ini disebabkan karena kandungan bromelain yang mampu membuat leher rahim menjadi lunak sehingga memicu potensi terjadinya keguguran atau kelahiran dini. Meski fakta ini belum didukung oleh sebuah penelitian yang konkret, namun tak ada salahnya untuk menghindari buah nanas selama masa kehamilan berlangsung.

2. Buah Pepaya

Buah papaya yang belum begitu masak merupakan 10 makanan yang harus dihindari ibu hamil, meskipun kaya akan gizi dan nutrisi. Pasalnya papaya yang belum masak memiliki kandungan lateks yang dipercaya mampu memicu kontraksi pada rahim yang mana membuat kesehatan ibu semakin melemah. Ganti asupan gizi dari buah papaya dengan buah pisang, sebab kandungan potassium yang dimilikinya mampu mendukung pasokan mineral pada janin.

3. Daun Pepaya

Tak hanya buahnya saja, namun ibu hamil juga dilarang mengkonsumsi daun papaya terutama pada ibu hamil muda dan mereka yang baru pertama kali mengandung. Dilansir dari sebuah penelitian menyatakan bahwasannya pengkonsumsian daun papaya oleh ibu hamil pada trimester pertama mampu memicu rapuhnya plasenta atau ari-ari janin.

4. Buah Anggur

Meskipun ibu hamil membutuhkan banyak pasokan makanan bernutrisi yang bisa didapatkan pada sayuran dan buah-buahan, namun tidak semua buah boleh dikonsumsi. Seperti halnya buah anggur yang mana tidak boleh dikonsumsi saat dua minggu kehamilan pertama. Pasalnya senyawa pada buah anggur mampu membuat suhu pada rahim semakin meningkat bahkan cenderung panas.

5. Air Kelapa Segar

Mengkonsumsi air kelapa segar memang sangat baik dikonsumsi ibu hamil tatkala memasuki usia 8 bulan atau lebih kehamilan. Namun lain halnya pada trimester pertama yang mana ibu hamil dilarang untuk mengkonsumsi air kelapa segar. Pasalnya kandungan senyawa yang dimiliki air kelapa mampu memicu lemahnya kandungan.

6. Buah Durian

10 makanan yang dihindari ibu hamil selanjutnya adalah buah durian. Tahukah Anda buah berduri ini dapat memicu masalah kehamilan seperti keguguran hingga kurangnya berat badan pada bayi. Hal ini disebabkan karena jandungan asam arachidonat dan alcohol yang ada didalamnya. Guna meminimalisir hal tersebut maka hindari mengkonsumsi durin saat hamil.

7. Ikan Laut Bermerkuri

Ikan laut memang kaya akan omega 3 dan 6 yang sangat baik bagi perkembangan bayi. Namun banyak sekali ikan laut bermerkuri yang dapat memicu masalah bagi perkembangan otak dan motorik janin. Maka dari itu ketahui dan seleksi jenis ikan bermerkuri untuk tidak dikonsumsi.

8. Makanan Mentah

Pantang bagi ibu hamil untuk mengkonsumsi makanan mentah atau setengah matang. Pasalnya hal ini dikhawatirkan bakteri, virus, kuman dapat menggau kehamilan terlebih pada trimester pertama masa kehamilan.

9. Sushi

Meski nikmat, namun sushi merupakan menu makanan yang tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil karena mengandung banyak bakteri seperti toxoplasma yang tentunya berbahaya bagi tubuh.

10. Beberapa Jenis Keju

Keju yang berwarna soft dan cenderung kebiruan tak boleh dikonsumsi ibu hamil karena mengandung bakteri listeria yang sangat berbahaya.

Itulah 10 makanan yang wajib dihindari ibu hamil saat masa kehamilan berlangsung. Semoga bermanfaat, terima kasih.