5 Makanan Menyehatkan Bagi Balita

comerfit.com- Memiliki anak yang memasuki usia di bawah lima tahun (balita) memang sangat menyenangkan, apalagi didukung dengan tumbuh kembang yang optimal. Nah guna mendukung pertumbuhan serta keaktifan anak, sebagai orang tua yang cerdas dukung anak dengan cara memberikan asupan makanan yang menyehatkan dan kaya akan nutrisi cukup, tepat dan lengkap untuk mendukung tumbuh kembangnya. Banyak sekali ide makanan menyehatkan yang bisa Anda berikan pada balita mulai dari sayur mayur hingga buah-buahan.

Kedua jenis makanan ini memang memiliki nutrisi dan gizi yang banyak untuk mengoptimalkan pertumbuhan balita. Bahkan mengkonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi, energi serta zat besi mampu mendukung perkembangan motorik, mental dan kognitif anak. Bagi Anda yang belum mengetahui jenis makanan sehat apa saja yang layak diberikan pada balita? Inilah 5 makanan menyehatkan bagi balita yang bisa dikonsumsi oleh anak Anda. Simak baik-baik ya.

Menu Jenis Makanan Menyehatkan Bagi Balita

1. Sayuran Berdaun Hijau

Khasiat serta kandungan zat baik yang dimiliki sayuran hijau memang tidak diragukan lagi bagi tumbuh kembang mental, motorik serta kognitif anak. Tak heran jikalau banyak orang tua yang sengaja memberikan pasokan sayuran pada menu makanan anaknya. Namun perlu Anda ketahui bahwasannya tidak semua jenis sayur memiliki kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Hanya sayuran berdaun hijau saja yang mampu mendukung sistem metabolisme anak dengan kadar vitamin dan mineral yang tinggi. Beberapa sayuran berdaun hijau tersebut antara lain adalah sawi, brokoli, kangkung, bayam dan aneka sayur mayur berdaun hijau lainnya.

2. Daging

Daging menjadi 5 makanan menyehatkan bagi balita yang bisa Anda berikan kepada anak guna mendukung pertumbuhan serta perkembangnya dalam segala aspek. Daging menjadi salah satu sumber makanan terbaik yang bisa dikonsumsi balita karena kaya akan kandungan vitamin, protein, mineral, zat besi, seng serta vitamin B 12. Anda bisa mengolah daging rendah lemak dan ayam tanpa kulit menjadi menu sederhana kesukaan si kecil. Meski asupan daging mampu mendukung tumbuh kembang anak, pastikan pasokan daging yang Anda berikan bukanlah jeroan maupun daging olahan, seperti sosis dan nugget.

3. Buah-buahan

Untuk melengkapi sekaligus menyimbangkan pasokan nutrisi, gizi, mineral, vitamin serta zat besi pada balita jangan lupa untuk memberikan asupan buah-buahan setiap harinya. Seperti alpukat, jeruk mandarin, blueberry, serta buah-buahan lainnya yang kaya akan zat gizi yang sangat diperlukan balita untuk mendukung pertumbuhannya. Jadikan buah bukan hanya sekedar makanan pencuci mulut, namun juga menjadi cemilan sehat favorite anak.

4. Kacang-Kacangan

Ide menu masakan sehat bagi balita lainnya yang bisa Anda jadikan alternatif adalah makanan yang berasal dari kacang-kacangan. Seperti kacang tanah, kedelai, almon serta beberapa jenis kacang-kacangan lainnya yang kaya akan kandungan sumber lemak baik. Kandungan senyawa lemak baik yang terdapat pada kacang-kacangan tak hanya bermanfaat bagi pertumbuhan balita, tetapi juga menyehatkan jantung. Tak hanya itu kacang ternyata juga kaya vitamin dan mineral yang disinyalir mampu menyehatkan tulang anak.

5. Yogurt

Seiring dengan perkembangan zaman, banyak sekali menu makanan kekinian yang menjadi makanan menyehatkan bagi anak terutama balita, salah satunya adalah yogurt. Yogurt adalah bakteri baik yang berasal dari produk fermentasi susu untuk memelihara kesehatan saluran pencernaan pada balita. Karena berasal dari susu tak heran jikalau yogurt juga kaya akan kalsium dan vitamin yang baik bagi kesehatan tulang dan gigi si kecil.

Bahkan balita yang mengkonsumsi yogurt setiap hari disinyalir memiliki sistem kekebalan tubuh yang bagus serta kesehatan jantung dan otak yang terjaga. Pemberian yogurt ini hanya diperuntukkan bagi balita lebih dari satu tahun, apabila anak Anda belum berusia genap 1 tahun sebaiknya berikan pasokan ASI yang banyak.

Itulah tadi 5 makanan menyehatkan bagi balita yang bisa kami informasikan untuk Anda pada kesempatan kali ini. Semoga ulasan tersebut diatas dapat membantu sekaligus menjadi solusi dan ide terbaik untuk menyuplai kebutuhan nutrisi serta zat gizi balita saat proses pertumbuhan. Selamat mencoba.