Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Akibat Pilek

comerfit.com- Flu atau pilek merupakan penyakit umum yang pernah menyerang semua orang baik anak-anak maupun orang dewasa saat sistem kekebalan tubuh mulai menurun. Sama layaknya migrain keadaan tubuh yang sedemikian rupa tentunya sangat mengganggu aktivitas harian seseorang, karena akan membuat hidung penderitanya menjadi tersumbat. Efek samping dari penyakit pilek ini disebabkan karena tersumbatnya lendir atau ingus di saluran pernapasan.

Meskipun merupakan penyakit umum, namun efek samping dari flu atau pilek ini tidak boleh dianggap enteng. Sebab apabila terjadi pada anak-anak hal ini tentunya akan membuat anak menjadi rewel. Sedangkan untuk orang dewasa keadaan ini akan membuat indra penciumannya menjadi kurang peka. Selain menggunakan obat pereda pilek ada beberapa cara mengatasi hidung tersumbat akibat pilek menggunakan bahan alami yang bisa Anda coba dirumah. Lantas apa saja langkah tersebut? Inilah penjelasan lengkapnya untuk Anda.

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Akibat Pilek

1. Rutin Mengkonsumsi Air Hangat

Mengkonsumsi air hangat tatkala pilek ternyata bisa membantu melunakkan endapan lendir yang tersumbat pada sistem pernapasan. Selain mengkonsumsi air mineral hangat Anda juga bisa memvariasikannya dengan teh hangat, jahe hangat, lemon hangat dan berbagai macam minuman hangat lainnya yang mengandung antiseptik dan dekongestan alami guna mencairkan endapan lendir.

2. Menghirup Uap Air Hangat

Tak hanya dikonsumsi namun uap air mineral hangat juga akan memberikan efek melegakan pada saluran pernapasan yang tersumbat karena flu atau pilek. Cara pengaplikasiannya cukup mudah Anda hanya perlu mendidihkan air lalu menghirup uap hangatnya. Pastikan jarak hidung dengan uap air yang mendidih tak terlalu dekat supaya hidung Anda tak melepuh.

3. Menghirup Uap Air Hangat dengan Campuran Minyak Kayu Putih

Supaya aroma yang terhirup semakin memberikan sensasi pada sistem pernapasan Anda bisa mencampurkan beberapa tetes minyak kayu putih ke dalam air yang telah dididihkan. Nantinya campuran air mendidih dengan minyak kayu putih tersebut akan menciptakan aroma terapi yang menyegarkan dan mendukung tumpukan lendir pada saluran pernapasan mencair.

4. Mengompres Hidung dengan Air Hangat

Untuk melunakkan lendir yang mengendap pada sistem pernapasan saat pilek terjadi memang harus memberikan sentuhan hangat pada area hidung, salah satunya yaitu dengan mengompres hidung dengan air hangat.

Cara ini cukup efektif apabila diterapkan pada bayi dan anak-anak karena Anda hanya perlu meletakkan handuk kecil pada hidung yang sebelumnya telah direndam dengan air hangat saja.

5. Membuat Cairan Hidung (Lendir)

Keadaan tubuh yang terkena flu umumnya akan memproduksi cairan lendir yang berlebihan, sampai mengganggu sistem pernapasan karena mengendap dan tak bisa keluar dengan sempurna. Nah selain tersebut diatas ada trik mengatasi hidung tersumbat saat pilek yang terbukti efektif untuk dilakukan.

Salah satunya yaitu dengan mengeluarkan cairan lendir atau ingus dari hidung. Apabila keadaan ini menyerang bayi dan anak-anak, Anda bisa menggunakan bantuan alat aspirator (alat penghisap cairan hidung) untuk menyedot lendir dari saluran pernapasannya.

Bagaimana mudah sekali bukan langkah mengatasi hidung tersumbar akibat pilek tersebut diatas? Jangan langsung terburu-buru mengkonsumsi obat kimia untuk melunakkan cairan lendir yang menumpuk pada sistem pernapasan Anda, sebab pengkonsumsian obat kimia secara terus menerus mampu mengganggu kesehatan tubuh. Beralihlah dengan kiat-kiat tersebut diatas untuk melegakan saluran pernapasan yang sempat tersumbat lendir. Selamat mencoba.