Cara Menghilangkan Cegukan Pada Anak dengan Benar

comerfit.com- Tak hanya orang dewasa, nyatanya bayi pun sering kali mengalami cegukan meski usianya masih sangat dini. Pada dasarnya cegukan terjadi karena kontraksi diafragma yang menutup jaringan tenggorokan secara mendadak. Bagi orang dewasa keadaan ini cukup lumrah terjadi dan tak begitu dikhawatirkan, lain halnya dengan anak-anak yang mana banyak orang tua merasa khawatir tatkala anaknya mengalami cegukan.

Pasalnya jikalau dibiarkan dalam waktu yang lama di khawatirkan nantinya akan mempengaruhi sistem pernapasan atau kesehatan bayi. Nah sebagai orang tua yang cerdas, ketahui dan kenali beberapa tips menghilangkan cegukan pada anak dengan benar di bawah ini sebagai salah satu langkah penanggulangan cegukan. Jika ingin tahu lebih luas bagimana caranya, inilah penjelasannya untuk Anda.

Cara Menghilangkan Cegukan Pada Anak dengan Benar

1. Berikan ASI dan Biarkan Bayi Sendawa

ASI tak hanya bagus bagi tumbuh kembang bayi saja, namun pemberian ASI yang benar juga mampu menghilangkan cegukan pada anak. Pasalnya gerakan menyusui yang dilakukan ibu mampu membantu diafragma anak menjadi lebih rileks sehingga cegukan akan berhenti dengan sendirinya.

Jika sudah selesai menyusui, berikan waktu sejenak untuk anak bisa bersendawa guna memberikan ruang udara yang terjebak dalam perut. Nah udara yang terjebak dalam perut tersebut juga bisa menjadi penyebab anak cegukan.

2. Mengatur Posisi Bayi

Apabila telah selesai menyusui dan bayi sudah bersendawa, maka langkah selanjutnya adalah dengan mengatur posisi tubuh bayi. Pastikan dalam keadaan yang sedemikian rupa posisi tubuh bayi dalam keadaan tegak berdiri.

Anda bisa sambil menggendongnya atau menepuk-nepuk bagian punggungnya dengan lembut. Hal ini dimaksudkan untuk membantu gas pada perut anak untuk naik, sehingga cegukan pun dapat terhendi secara perlahan.

3. Berikan Sesuatu yang Mudah Untuk Dihisap

Cara menghilangkan cegukan pada anak selanjutnya adalah dengan memberinya sesuatu yang mudah untuk dihisap, seperti empeng, dot maupun putting ibu. Gerakan mulut dan tipuan sedotan di perut bagi tersebut dipercaya mampu merangsang sendawa pada bayi sekaligus meredakan cegukan.

4. Carilah Tempat yang Hangat

Selain tersebut diatas, berganti tempat dengan suhu udara lebih hangat dan lembab juga mampu meredakan cegukan pada anak. Sebab pada beberapa kondisi temperature suhu ruangan yang terlalu dingin menjadi pemicu utama terjadinya cegukan pada anak.

Nah itulah tadi beberapa tips menghilangkan sendawa pada anak dengan benar yang bisa Anda coba terapkan tatkala anak sedang mengalami cegukan. Jangan sesekali membiarkan hal ini terjadi dalam kurun waktu yang lama, sebab dikhawatirkan nantinya akan mempengaruhi sistem pernafasan dan kesehatan anak. Selamat mencoba dan terima kasih.