Penyebab Bau Kaki yang Wajib Anda Ketahui

comerfit.com- Bromodosis atau yang sering disebut dengan masalah bau kaki merupakan problematika kesehatan tubuh yang tidak boleh dianggap sepele. Pasalnya selain membuat kaki tidak sehat karena bakteri yang berkembang, hal ini tentunya juga akan membuat rasa kepercayaan diri seseorang menjadi menurun. Lantas secara umum apa saja penyebab bau kaki sebenarnya? Apakah ada faktor lain yang mempengaruhinya? Berikut adalah penjelasan lengkapnya untuk Anda.

Pemicu Timbulnya Bau Kaki Kurang Sedap

1. Produksi Keringat Berlebihan

Tak hanya tubuh saja yang dapat mengeluarkan keringat, namun telapak kaki pun juga mampu memproduksi keringat hingga membuatnya sangat terasa lembab dan hangat. Nah kondisi telapak kaki yang sedemikian rupa menjadi pemicu utama munculnya bakteri penyebab bau kaki. Maka dari itu, pastikan sirkulasi udara dapat keluar masuk dengan sempurna ketika menggunakan sepatu.

2. Sepatu

Beberapa orang cenderung enggan berganti sepatu tatkala melakukan aktivitas setiap harinya. Keadaan ini tentunya akan memicu suhu yang lembab pada permukaan sepatu. Nah guna menghindari bau pada kaki upayakan untuk rutin berganti sepatu setiap harinya dan pastikan kaki dalam selalu keadaan bersih dan sehat.

3. Stress

Tanpa disadari banyak orang stress ternyata juga menjadi pemicu bau kaki yang sebenarnya. Pasalnya kondisi tubuh yang sedang kalut biasanya cenderung akan memproduksi keringat secara berlebih termasuk diantaranya adalah bagian telapak kaki. Keadaan lembab pada kaki inilah yang mampu menimbulkan bau tidak sedap pada telapak kaki.

4. Infesksi Jamur

Bagi Anda yang senang berolahraga dan cenderung jarang berganti sepatu memang memiliki resiko terkena infeksi jamur dengan presentase yang lebih tinggi. Sehingga perkembangan bakteri yang semakin menumpuk membuat kaki menimbulkan bau yang tidak sedap. Biasanya untuk menanggulangi masalah ini rutinlah menggunakan krim jamur dan sering berganti sepatu.

Nah secara umum itulah tadi beberapa penyebab bau kaki sebenarnya yang bisa kami sampaikan untuk Anda pada kesempatan kali ini. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda untuk selalu menjaga kesehatan kaki guna meminimalisir terjadinya bau tidak sedap pada telapak kaki. Terima kasih.