Penyebab Migrain Yang Wajib Diketahui

comerfit.com- Migran adalah suatu kondisi sakit kepala berdenyut pada satu sisi kepala yang dipicu oleh beberapa faktor. Intensitas sakit kepala yang berjam-jam hingga berhari-hari tentunya sangat mengganggu aktivitas harian.

Bahkan beberapa kondisi migrain yang parah akan disertai oleh rasa mual, muntah hingga sensitivitas terhadap cahaya dan suara. Tak heran jikalau banyak orang yang langsung mengkonsumsi obat tertentu untuk meredakan rasa sakit yang ditimbulkannya.

Perlu Anda ketahui sakit kepala sebelah atau migrain tak hanya menyerang orang dewasa saja. Namun anak-anak, remaja hingga dewasa awal tak luput dari masalah migrain ini. Nah guna mengetahui cara penanganan yang tepat, ketahui terlebih dahulu apa saja penyebab migrain, yang hendak kami ulas berikut ini.

Pemicu Migrain Yang Wajib Diketahui

1. Perubahan Hormon

Tahukah Anda ternyata banyak sekali faktor pemicu migrain yang wajib Anda ketahui, salah satunya adalah perubahan hormon terutama bagi perempuan. Fluktasi esterogen sebelum menstruasi, kehamilan dan monopouse dapat memicu terjadinya sakit kepala sebelah pada perempuan.

Tak hanya itu saja ternyata pengkonsumsian obat-obat hormonal yang terlalu sering dapat memperburuk keadaan. Maka dari itu untuk meminimalisir terjadinya migrain kurangi mengkonsumsi obat-obat hormonal.

2. Sering Mengkonsumsi Alkohol

Kebiasaan buruk mengkonsumsi alkohol ternyata juga menjadi pemicu terjadinya migrain dalam rentang waktu yang cukup lama. Tak hanya minuman beralkohol saja, namun kebiasaan mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein juga mampu menimbulkan sakit kepala sebelah yang cukup menggaggu aktivitas harian.

3. Stimulus Sensorik

Selain tersebut diatas ternyata rangsangan stimulus sensorik dari luar juga dapat memicu terjadinya sakit kepala sebelah atau migrain dalam jangka waktu yang cukup panjang. Biasanya stimulus sensorik ini terjadi dalam tekanan yang kuat dan tajam, seperti lampu dengan pancaran cahaya yang cukup terang, suara yang sangat keras, hingga bau yang sangat menyengat.

Empat. Pola Tidur

Anda memiliki pola tidur yang tidak teratur dan menyebabkan waktu tidur Anda semakin berkurang? Tahukah Anda pola kebiasaan hidup yang tidak sehat mampu memicu terjadinya migrain atau sakit kepala sebelah. Maka dari itu aturlah pola tidur Anda dengan baik dan pastikan tubuh mendapatkan istirahat yang cukup setiap harinya.

5. Faktor Fisik

Faktor fisik juga menjadi penyebab migrainselanjutnya. Kebiasaan bekerja keras dalam melakukan aktivitas fisik tertentu ternyata juga mampu merangsang timbulnya sakit kepala sebelah. Beberapa orang bahkan sering kali merasakan migrain tatkala melakukan kegiatan seksualitas yang berlebihan.

Enam. Mengkonsumsi Makanan Sembarangan

Anda penggemar berat keju? Tahukah Anda ternyata makanan bercitarasa asin ini mampu memicu terjadinya migrain pada seseorang terutama bagi mereka yang berusia lanjut. Selain itu makanan bercitarasa manis dan berpaham pengawaet juga menjadi sumber utama terjadinya sakit kepala sebelah pada seseorang.

7. Stress

Tekanan pada pikiran atas suatu kondisi tertentu sangat mudah sekali membuat kepala Anda migrain. Nah guna meminimalisir terjadinya sakit pada kepala jagalah selalu kesehatan mental.

Ternyata banyak sekali pemicu terjadinya migrain yang wajib Anda ketahui. Nah untuk meminimalisir terjadinya sakit kepala sebelah yang parah, jagalah kesehatan mental dan atur pola hidup lebih sehat kembali.

Pasalnya penerapan pola hidup yang sehat tak hanya sekedar terhindar dari sakit kepala sebelah saja, tetapi juga memperpanjang usia hidup seseorang. Semoga bermanfaat, terima kasih.