Penyebab Bau Mulut yang Wajib Diketahui

comerfit.com- Umumnya orang yang mengalami gangguan bau mulut tak pernah menyadarinya, hingga sampai akhirnya ada teman atau keluarga yang cukup berani menegurnya. Jangan sampai hal itu menimpa diri Anda, kenali penyebab dan penanggulangan bau mulut dengan baik dan benar.

Pasalnya bau mulut tak hanya terjadi karena kurangnya intensitas menggosok gigi hingga membuat gigi menjadi berlubang saja. Namun ada banyak faktor yang menjadi pemicu bau pada mulut, lantas apa saja penyebab bau mulut tersebut?

Pemicu Bau Mulut yang Wajib Diketahui

1. Bakteri

Rongga mulut adalah salah satu organ yang paling banyak ditumbuhi bakteri dan mikroorganisme tersembunyi lainnya. Perkembangan bakteri yang semakin menumpuk setiap harinya memicu mereka mengelurkan racun yang mana akan membuat mulut menjadi bau.

2. Tonsil

Tonsil (amandel) juga menjadi penyebab bau mulut yang wajib diketahui selanjutnya. Sisa-sisa makanan yang sering terselip pada tonsil memicu tumbuhnya kuman sehingga membuat nafas menjadi tidak sedap.

3. Mengkonsumsi Makanan Beraroma Tajam

Ternyata mengkonsumsi makanan beraroma tajam, seperti durian, bawang dan ikan juga memicu timbulnya bau tidak sedap pada rongga mulut meskipun telah rutin menggosok gigi.

4. Kebiasaan Buruk

Gaya hidup yang tidak sehat seperti merokok, mabuk dan minum kopi lambat laun juga akan membuat nafas menjadi tidak enak dan bau.

5. Gangguan Pencernaan

Selain tersebut diatas ternyata gangguan pencernaan juga menjadi aspek lainnya yang memicu timbulnya bau tidak sedap pada rongga mulut, terlebih ketika sedang bersendawa. Kurangnya pasokan karbohidrat pada tubuh ternyata juga memicu timbulnya bau mulut.

Ternyata ada banyak sekali penyebab bau mulut yang wajib Anda ketahui untuk menentukan model penanganan yang tepat. Nah untuk meminimalisir masalah bau mulut hendaknya hindari beberapa kegiatan tersebut diatas.

Namun apabila Anda sudah mendapati masalah bau mulut pada diri Anda sebaiknya segera lakukan perawatan khusus supaya bakteri yang ada didalamnya tak semakin berkembang. Semoga bermanfaat, terima kasih.